Tuesday, July 17, 2012

Tips Detoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi adalah proses pembersihan tubuh dari toksin (racun), sisa-sisa makanan yang tidak tercerna, serta berbagai zat buruk bagi kesehatan, seperti timbunan pengawet, perasa atau pewarna makanan, nikotin atau pengaruh polusi. Proses ini selain membuat tubuh lebih sehat juga dapat membuat kulit lebih bersih dan relatif bebas dari masalah.


Berikut tips mudah membersihkan tubuh dari racun :

1. Minum satu gelas air hangat yang dicampur lemon setiap hari setelah bangun pagi.

2. Kurangi konsumsi daging merah dan produk susu. Bahan-bahan ini memerlukan waktu yang lama untuk dicerna, sehingga dapat menyebabkan kembung dan menyebabkan timbunan toksin dalam tubuh.

3. Minum satu gelas jus buah atau sayur-sayuran 3 kali dalam sehari (sebaiknya tidak dicampur dengan gula) dan perbandingan yang sama dengan air. Buah-buahan yang baik untuk detoksifikasi adalah apel, anggur, lemon, jeruk, pepaya, semangka, dan melon. Sedangkan untuk sayuran yang baik untuk jus adalah wortel,  ketimun, seledri, bayam atau kangkung. Sebaiknya tidak mencampur sayuran dan buah (kecuali apel dengan wortel) untuk menghindari resiko kembung karena penimbunan cairan.

4. Lakukan terapi air untuk meningkatkan sirkulasi darah serta metabolisme dalam tubuh. Mandi dengan air hangat dengan pancuran sebentar, kemudian siram tubuh dengan air dingin selama 10 detik.

5. Perbanyak konsumsi makanan yang bersifat basa untuk mempercepat proses penghilangan toksin dalam tubuh. Seperti buah segar dan sayuran rebus. (Ardi/Lisa)


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...