Sunday, June 24, 2012

15 Makanan Pembersih Terbaik

Dalam hal membersihkan tubuh dari racun yang berbahaya, makanan merupakan obat yang paling baik. Kita akan tercengang ketika mengetahui bahwa banyak makanan favorit yang juga dapat membersihkan organ-organ detoksifikasi tubuh seperti hati, usus, ginjal dan kulit dan mencegah penumpukan racun berbahaya. Membantu menangkal efek berbahaya dari polusi, bahan tambahan makanan, perokok pasif, dan racun lainnya dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, minyak dan biji-bijian.

Apel
Apel mengandung pektin yang tinggi, sejenis serat yang mengikat kolesterol dan logam berat dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi penumpukan racun dan membersihkan usus.

Alpukat
Merupakan sumber nutrisi yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol, melebarkan pembuluh darah -memblokir toksisitas yang merusak arteri. Alpukat mengandung nutrisi yang disebut glutathione, yang dapat menghambat setidaknya 30 karsinogen berbeda sekaligus juga membantu hati mendetoksifikasi zat kimia sintetis.

Bit
Mengandung campuran unik dari senyawa tumbuhan alami yang membuatnya menjadi pemurni darah super dan pembersih hati.

Blueberry
Sesungguhnya merupakan salah satu makanan obat yang paling baik, blueberry mengandung aspirin alami yang membantu mengurangi jaringan yang merusak efek dari peradangan kronis, sekaligus mengurangi rasa sakit. Blueberry juga bertindak sebagai antibiotik dengan menghalangi bakteri di saluran kemih, sehingga membantu mencegah infeksi. Blueberry juga memiliki sifat antivirus dan membantu menghalangi racun melintasi the blood-brain barrier untuk mendapatkan akses ke otak halus.

Kubis
Kubis banyak mengandung senyawa antikanker dan antioksidan dan membantu hati menghancurkan hormon yang berlebih. Kubis juga membersihkan saluran pencernaan dan menetralisir beberapa senyawa merugikan yang ditemukan dalam asap rokok (dan perokok pasif). Hal ini juga dapat memperkuat kemampuan hati untuk mendetoksifikasi.

Seledri dan Biji Seledri
Seledri dan bijinya adalah pembersih darah yang sangat baik dan mengandung berbagai senyawa antikanker yang membantu mendetoksifikasi sel-sel kanker dari tubuh. Biji seledri mengandung lebih dari dua puluh zat anti inflamasi. Sangat baik untuk detoksifikasi zat yang ditemukan dalam asap rokok.

Cranberry
Membersihkan tubuh dari bakteri dan virus berbahaya yang mungkin melekat di saluran kemih, karena cranberry mengandung zat antibiotik dan antivirus.

Biji Rami dan Minyak Biji Rami
Sarat dengan asam lemak esensial, terutama omega-3, biji rami dan minyak biji rami sangat penting bagi berbagai fungsi pembersihan di seluruh tubuh.

Bawang Putih
Makan bawang putih untuk membersihkan bakteri berbahaya, parasit usus dan virus dari tubuh, terutama dari darah dan usus. Juga membantu membersihkan penumpukan pada pembuluh darah dan memiiki sifat antikanker dan sifat antioksidan yang membantu proses detoksifikasi tubuh dari zat-zat yang berbahaya. Selain itu juga, bawang putih membantu membersihkan saluran pernapasan dengan mengeluarkan lendir yang menumpuk di paru-paru dan sinus.
Untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan, pilih bawang putih segar, bukan bawang putih bubuk, yang hampir tidak memiliki satupun sifat tersebut diatas.

Jeruk (grapefruit)
Grapefruit sejenis jeruk yang berukuran besar dengan daging berwarna merah keunguan. Tambahkan  grapefruit dalam menu sarapan untuk mendapatkan manfaat dari serat pektin yang mengikat kolesterol, sehingga dapat membersihkan darah. Pektin juga mengikat logam berat dan membantu mengantar mereka keluar dari tubuh. Juga memiliki senyawa antivirus yang membersihkan virus berbahaya dari tubuh.  Grapefruit merupakan detoksifikasi usus dan hati yang sangat baik.

Sayuran berwarna hijau (kale)
Kukus sayuran hijau untuk mendapatkan manfaat yang sangat kuat dari senyawa antikanker dan antioksidan yang membantu membersihkan tubuh dari zat -zat yang berbahaya. Kale juga mengandung tinggi serat, yang dapat membantu membersihkan saluran usus. Seperti kubis, sayuran hijau juga membantu menetralisir senyawa yang ditemukan dalam asap rokok dan memperkuat pembersihan hati.

Polong-polongan (Legumes)
Tambahkan segenggam polong-polongan untuk sarapan karena mengandung serat yang membantu menurunkan kolesterol, membersihkan usus, dan mengatur kadar gula dalam darah. Polong-polongan juga membantu melindungi tubuh terhadap kanker.

Lemon
Merupakan pembersih racun dalam hati yang sangat baik, mengandung banyak vitamin C, vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat zat penting yang disebut glutathione. Glutathione membantu hati mendetoksifikasi zat kimia berbahaya. Tambahkan perasan jeruk lemon segar (bukan lemon kemasan) kedalam segelas air putih untuk membantu upaya detoksifikasi setiap hari. 

Rumput Laut
Rumput laut mungkin merupakan sayuran yang dianggap remeh di belahan dunia barat. Penelitian di McGill University di Montrel menunjukkan bahwa rumput laut mengikat limbah radioaktif dalam tubuh. Rumput laut juga mengikat logam berat dan membantu menghilangkannya dari dalam tubuh. Selain itu, mereka juga kaya mineral dan mineral mikro.

Selada Air
Tambahkan sayuran lezat ini pada menu makanan karena dapat meningkatkan enzim detoksifikasi yang bertindak pada sel kanker dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian makanan di Norwich Inggris, perokok yang diberi 170 gr selada air setiap hari dapat dihilangkan lebih banyak karsinogen daripada rata-rata jumlah karsinogen di urine mereka, sehingga sel-sel kanker akan hilang dari tubuh.

Makan berbagai jenis sayur dan buah-buahan yang membantu detoksifikasi zat-zat berbahaya dari tubuh.  Proses pembersihan racun dari tubuh akan terasa lebih baik.

Source :http://www.care2.com/greenliving/top-15-cleansing-foods.html



0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...